Hati-Hati Memilih Konferensi

Untuk keperluan riset saya kali ini, saya memakai banyak paper dari sebuah direktori jurnal open akses untuk jadi dataset. Saat membaca paper-paper ini, saya temukan beberapa keanehan. Dalam arti, ada paper yang panjang, ada yang super pendek, format yang itu begono, yang satu begini, yang saya pikir, itu aneh. Ditambah lagi, ada beberapa paper yang punya daftar referensi tetapi tidak mengutip satu pun. Aktivitas seperti ini cukup janggal untuk sebuah paper menurut saya, kok bisa lolos review. Kalau “referensi” yang mestinya ada kutipannya, kecuali kalau bilang itu bibliografi…

Poinnya adalah klaim publisher kalau itu peer-reviewed paper tapi kenyataanya tidak seperti itu, dan bisa jadi kontenya benar juga. Lalu saya cek di direktori jurnal tersebut, ohh, sepertinya sudah dihapus indeks paper-paper dari penerbit/organisasi ini.

Kemudian saya coba cari tahu web konferensi/organisasinya, dan pada saat googling saya menemukan beberapa tautan berikut, konferensinya abal, konferensinya palsu, dan konferensinya skam (nggak sebut nama konferensinya, karena banyak, tapi organisasinya itu WASET).

Ringkasan dari tautan-tautan itu kurang lebih begini, konferensi yang diadakan oleh organisasi tersebut (maaf) kurang berkualitas. Orang (pengirim paper) dari berbagai bidang berkumpul jadi satu, dan presentasi. Rasanya situasi seperti ini kurang cocok untuk konferensi. Banyak yang kecewa. Ada beberapa yang punya pengalaman kalau pada menit-menit terkahir hotelnya ganti, atau bahkan hotel sendiri tidak tahu kalau ada konferensi tersebut. Di salah satu tautan itu ada pula yang iseng-iseng mengirimkan draft pendek yang ngasal, dan dalam waktu 1 jam sudah dibalas, dan diterima. Kondisi yang mustahil untuk konferensi yang menggunakan peer-review.

Ini mengingatkan pada mahasiswa dari MIT yang membuat software untuk paper generator di bidang komputer sains, namanya Scigen. Lalu, mereka menggunakan paper yang di-generate otomatis (nggak make sense pastinya si paper), untuk dikirim ke beberapa konferensi. Daaann, ada yang accepted coba! Mereka pun ke sana konferensi. Tujuan dari mereka mengirimkan paper untuk mengetes apakah konferensi itu bagus atau tidak.

Lalu tujuannya apa dong itu organisasi? UANG. Ada beberapa orang yang udah kadung ngirim paper, diterima, dan bayar. Lumayan lho itu, kalau dari web-nya sekitar 36-50 ribu yen (4-6 juta rupiah kali) untuk tiap orang yang akan presentasi.

Jadi berhati-hati kalau hendak mengirimkan paper untuk konferensi, terlebih untuk konferensi seperti di atas.

PS: saya juga coba cek beberapa komite dari konferensi tersebut, tapi alhasil tidak ada satupun yang saya tahu, khususnya yang di bidang komputer sains.

Tinggalkan Balasan

