Bergulir secara alami atau standar?

Apanya sih yang bergulir? Gulir kaya guling-guling yak? Benda yang bergulir yang saya maksud kali ini adalah mouse/tetikus. Bagi yang pernah menggunakan komputer dengan sistem operasi OSX (Lion OS ++) dan Windows/Linux, pasti tahu yang saya maksud.

Menurut sejarahnya (sumber ini), sebelum tahun 2011, cara scrolling/menggulirkan tetikus itu hanya ada satu, yaitu cara standar. Jadi ketika kita menggulirkan roda di tetikus ke bawah, layar pada monitor akan ke bawah. Lalu tahun 2011, Apple mengenalkan cara scrolling yang baru, yaitu apa yang mereka sebut cara alami.

Untuk menggulirkan tetikus dengan cara alami, kita harus menggulirkan roda tetikus ke atas supaya layar dapat bergeser ke bawah. Si Apple nge-les kalau scrolling dengan cara ini akan terasa lebih alami ketika menggunakan layar sentuh. Pada saat menggunakan layar sentuh, yang kita lakukan adalah menggeser “kertas” ke atas untuk membaca bagian yang lebih bawah dari kertas. Coba saja deh! Gara-gara hal ini, semua pesawat dengan OSX menggunakan cara alami.

Situasi seperti yang membuat orang akan merasa kagok setelah menggunakan sistem operasi OSX lalu menggunakan Windows. Prustasi… Oh iya, ada beberapa tetikus yang bisa diatur baik alami atau standar lho. Tapi menurut saya, fitur ini tidak begitu membantu karena touch pad di MacBook masih pakai cara alami.

Saya pribadi nggak begitu peduli mau cara yang mana, walaupun saya lebih memilih cara yang “alami” sesuai dengan alatnya masing-masing. Misalnya, kalau pakai tetikus, ya sesuai dengan alaminya tetikus, begitu pula untuk touch pad, dan touch screen.

Kamu suka cara yang mana?

Jya…

 

 

 

Iklan

One thought on “Bergulir secara alami atau standar?

  1. Ping-balik: Tetikus Mac Itu Aneh | Blog Kemaren Siang

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s