Stiker Kombini

IMG_1019

Sekarang ini, jumlah minimarket di indonesia seperti cendawan di musim hujan. Banyak menyebar ke pelosok negeri. Saat belanja di minimarket kadang saya merasa sedikit gelisah saat saya membawa pula minuman botol yang saya beli di tempat lain dan benda tersebut bisa juga dibeli di minimarket tersebut.

Gelisah dalam artian takutnya si kasir menduga saya mengambil barang dari toko padahal baranh tersebut memang dibeli dari toko lain. Atau misal minuman itu sudah diminum, bisa saja kasir mengira kalau saya mengambil minuman dari toko dan meminun langsung sehingga menimbulkan kesan saya membeli minuman dari toko lain padahal memang membeli minuman di toko lain. Hahaha.

Di Jepang, minimarket itu juga ada banyak. Di sini istilahnya konbini yang merupakan singkatan dari istilah bahasa Inggris convenience store. Tampaknya di Jepang ini, mereka

berhasil menyelesaikan masalah sedikit kegelisahan saya itu. Setiap selesai transaksi, kasih di sini akan selalu menempelkan stiker yang bertuliskan nama konbini itu pada plastik tempat kita menaruh barang belanjaan atau pada barang belanjaan secara langsung ketika tidak ditaruh di plasik. Di bawah artikel ini, ada contoh gambarnya. Dengan begini, semua orang akan paham kalau barang tersebut telah memalui proses transaksi dan berpindah hak kepemilikannya.

Dengan begini, kasir pun tidak perlu melakukan konfirmasi dengan bertanya kepada pembawa barang tersebut, berikut juga pembawa barang dapat belanja dengan tidak perlu merasakan kecemasan atau dikonfirmasi.

Sederhana bukan? Lalu yang mengejutkannya lagi, hal ini merupakan tindakan yang umum pada toko-toko di Jepang. Mungkin sudah menjadi paham masyarakat umum dan sudah menjadi kewajiban untuk pemilik toko menaruh stiker setelah transaksi beres.

Iklan

One thought on “Stiker Kombini

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s