Indonesia Bagus: Dokumenter Dengan Narator Lokal

Indonesia Bagus, ada yang tahu?

Untuk yang belum tahu, “Indonesia Bagus” merupakan suatu program tv dokumenter yang digarap oleh NET. (netmedia TV). Saya sendiri baru tahu program ini empat hari yang lalu. Kalau sekilas mungkin kita akan menganggap acara ini mirip dengan acara-acara dokumenter lainnya. Tapi ternyata konsep dibelakangnya begitu menarik menurut saya.

Sederhananya, seperti judul artikel saya, dokumenter dengan narator lokal. Jadi konsepnya adalah menggunakan penduduk lokal daerah tersebut kemudian sang narator menceritakan daerahnya. Sang narator pun menarasikannya dengan logat dan campuran bahasa daerahnya. Dengan ini, kita seperti mendengarkan dongeng dari salah seorang penduduk tersebut dan kita seolah-olah berinteraksi dengannya.

Bagaimana dengan kontennya? Kontennya menurut saya sangat apik karena tidak hanya melulu menampilkan keindahan daerah tersebut tetapi juga aktivitas penduduk disana baik aktivitas ekonomi, seni, budaya, dan macam-macam lagi. Dan yang lebih seru lagi, daerah yang diliput merupakan daerah-daerah yang ada di Indonesia. Daerah tersebut juga tidak melulu daerah yang terkenal wisatanya, contohnya Kebumen (asal saya). Dan kalau dilihat-lihat, liputan seperti ini masih jarang ditemui.

Oh iya, ini bukan promosi lho. Nah, daripada menonton acara yang kurang bagus (mis: yang joget-joget) mending nonton acara ini. Nilai plus lainnya adalah kita juga bisa semakin kenal dan semakin cinta dengan Indonesia.

Ini salah satu liputan favorit saya:

Kalau ingin lihat liputan lengkapnya di Indonesia Bagus. Jangan lupa cari siapa tahu daerah asalmu sudah diceritakan.

Iklan

One thought on “Indonesia Bagus: Dokumenter Dengan Narator Lokal

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s