Minggu Terakhir di Bandung

Ternyata sudah 5 tahun saya tinggal di Bandung dan 12 September menjadi hari terakhir saya di kota ini. Entah kapan lagi saya bisa berkunjung kesana. Ada banyak sekali kenangan di Bandung yang tidak mudah dilupakan. Tapi ya, saya tahu kalau saya suatu saat akan meninggalkan kota ini.

Kalau teman saya menuliskan daftar rencana yang akan dilakukan di hari terakhirnya di Bandung, saya akan menuliskan kegiatan saya.

Saya akan mulai dengan hari terakhir saya dengan teman saya.

Selasa, 3 September

Hari itu masih pagi, kami berpisah, saya harus ke jakarta, dan teman saya harus ke Bogor. Itu adalah hari terakhir bagi kami. Semoga tahun depan kita bisa bertemu kembali. Setelah menyelesaikan urusan saya di Jakarta, saya langsung pulang balik ke Bandung. Karena sudah malam, aktivitas hari itu saya akhiri.

Rabu, 4 September s.d. 5 September

Karena masih lumayan capek dari Jakarta, hari itu saya manfaatkan untuk ke bersih-bersih kosan. Maklum, kosan sudah seperti kapal pecah. Rabu siang saya ke LPIK. Sore hari tanggal 4 September saya mampir ke pasar baru untuk lihat-lihat koper. Dapat referensi banyak, tapi sayang Ibu penjual koper yang ditemui pertama kali kesini tutup. Alhasil, saya mengurungkan niat untuk membeli koper hari itu.

Jumat, 6 September

Selepas jumatan saya pergi ke LPIK. Saat ashar, saya lari ke Salman, kemudian saya ke A*e ******* untuk membeli space maker dan lihat-lihat koper. Sayang mahal, nanti saja deh. Jumat malam, saya dan teman-teman sandang ada acara di salah satu Cafe di Bandung. Intinya sih, kami disediakan tempat untuk menampilkan apa yang telah kami lakukan.  Pulang sudah cukup malam, tapi karena ada perlu di Plesiran, Jadilah saya ke Plesiran.

Sabtu, 7 September

Saya pergi ke pasar Baru. Saya putuskan membeli koper. Koper 29 Inchi dengan harga yang lumayang miring dibandingkan di A*e. Ternyata kopernya tidak seberat yang saya pikirkan. Sampai dikosan, saya langsung menyiapkan perjalanan ke Subang. Singkat cerita, saya punya bu lik di Subang. Tapi selama 5 tahun di Bandung saya belum pernah main kesana. Hari itu, saya mau tidak mau harus main karena entah kapan lagi saya bisa main kesana.

Hari sudah menjelang malam ternyata (Jam 5 sore). Saya ke Subang dengan menggunakan Elf sederet 5 (Istilah saya: karena tiap deret harus berisi 5 orang, entah di kusi dekat supir, ataupun kursi depan pintu. Kalau deretannya belum lengkap 5, Elf tidak mau berangkat). Ibu yang duduk di sebelah saya pernah bercerita, kalau penumpang sering iuran bersama untuk membayar kursi yang kosong supaya Elf mau berangkat. Wow..

Elf berangkat setengah jam kemudian. Rute perjalanan: Ledeng-Lembang-Tangkuban Perahu-Ciater-<Jalan Cagak>-dan Subang. Pukul setengah delapan saya sampai di Subang. Ringkasnya, saya sampai dan pulang kembali ke Bandung hari Ahad sorenya.

Ahad, 8 September

Pulang dari Subang, saya putuskan untuk langsung mengunjungi bu Lik saya yang ada di Ciwaruga (tanggung sudah lewat ledeng). Maghrib saya sampe di tempat bu Lik saya. Yey!

Senin, 9 September

Sarapan bubur di Se**u rame dan malamnya makan ramen di *amen ***se.

Selasa, 10 September

Saya harus kembali ke Jakarta, untungnya saya tidak perlu berangkat pagi. Malam sampai di Bandung.

Rabu, 11 September

Saya berfikir hari ini Sandy sidang. Jadi saya ke kampus tapi ternyata belum. Fail… Maafkan saya, tapi selamat Wisuda (S.T.)*

Kamis, 12 September (Eh, hari ini ternyata hari habisnya kontrak kosan).

Pagi hari saya ke Ibu Laundry untuk pamitan. Setelah itu, saya mampir ke toko kopi yang di Jalan Banceuy. Ketemu Ipin, dkk di Kampus. Beli wayang golek di Saung Udjo. Tentu tidak lupa pamitan dengan Ibu Ayu.

Jam 6 saya masih melakukan final packing dibantu pak Lik di kosan. Pamitan dengan Ibu kos. Cukup singkat dan mengharukan. Walaupun cuma 2 tahun tinggal disana tapi ada banyak kenangan. 🙂

Malam jam 7.30-an saya berangkat pulang ke Gombong.

Sungguh minggu yang melelahkan, mengharukan, menyedihkan tapi diri saya semakin excited.

Terima Kasih semuanya. Semoga Allah melancarkan urusan kita semua.