Hal yang Patut Dimanfaatkan Selama Menjadi Mahasiswa ITB

Selama menjadi mahasiswa sebenarnya ada banyak fasilitas yang dapat kita nikmati. Baik itu fasilitas kesehatan, olahraga, atau berbagai macam subsidi lainnya. Kali ini saya ingin berbagi mengenai hal-hal apa saja yang patut dilakukan selama menjadi mahasiswa di ITB.

1. Klinik Gigi

Tak ada salahnya untuk berkunjung rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi. Saya beri tahu bahwa di BMG juga ada klinik gigi. Tentu selama menjadi mahasiswa kita dapat subsidi mulai dari mendaftar klinik yang hanya Rp 10.000 sampe perawatan giginya. Jadi jangan disia-siakan.

2. Check up kesehatan

Bagi yang memang berencana melanjutkan kuliah s2/s3 atau berencana mendaftar beasiswa dan keduanya hal tersebut memerlukan syarat keterangan sehat. Tak ada salahnya untuk dimintakan di BMG. Bandingkan saja biayanya seperti yang dialami sahabat saya ini.

3. Olahraga

Nih, selama jadi mahasiswa rajin-rajinlah untuk berolahraga. Paling murah jogging tapi cobain juga yang lain cem renang atau fitnes kalau mau. Saran saya sih coba kolam renang ITB. Murah kok cuma Rp 3000 buat mahasiswa dan kalau umum Rp12.000 (atau Rp.15.000). Sudah luas, dalam, bersih pula. Kalau mau renang, jangan lupa ajak kawan-kawan yang lain. Kalau belum bisa, ajak yang udah bisa :p

4. Main ke Teropong Bintang

Walaupun umum bisa, tapi kalau masih jadi mahasiswa nggak ada salahnya juga lebih-lebih kalau sambil ngajak temen anak astronomi. 🙂

5. Melancong ke Luar Negeri

Saya sarankan buat saya masih jadi mahasiswa melancong ke luar negeri. Yang belum punya paspor, segeralah buat! Minimal berwisata ke luar negeri tapi lebih baik lagi kalau bisa berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran pelajar, lomba, dsb.

6. Ikut konferensi Internasional

Salah satu cara untuk meng-update pengetahuan keilmuan adalah dengan mengikut konferensi. Setiap tahun ada banyak sekali konferensi diselenggarakan. Mulai dari konferensi lingkup nasional sampai internasional. Tak ada salahnya untuk mencoba membuat jurnal ilmiah dan mengirimkan ke konferensi internasional tersebut. Jika tembus biasanya pihak kampus akan memberikan fasilitas untuk kita sehingga bisa mengikuti konferensi tersebut (bagi yang masih berstatus mahasiswa).

7. Mengambil mata kuliah SBM (tambahan dari kawan saya)

Tak ada salahnya mencoba mengambil mata kuliah SBM (buat fakultas non-SBM). Bisa mendapat ilmu di SBM (walaupun sedikit) dengan bayaran mahasiswa non-sbm.

Jujur saja, saya sendiri belum pernah memanfaatkan seluruh fasilitas tersebut selama saya menjadi mahasiswa (kecuali: area jogging).

Jadi buat mahasiswa baru, jangan ragu-ragu untuk mencobanya.

Iklan

3 thoughts on “Hal yang Patut Dimanfaatkan Selama Menjadi Mahasiswa ITB

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s