Berita di Jejaring Sosial

Kemudahan komunikasi menyebabkan informasi mengalir begitu cepat dan banyak. Grup lokal pun semakin banyak, ada grup whatsapp, grup facebook, grup BBM, dsb. Dengan fasilitas jejaring sosial, banyak orang membagikan informasi yang ingin dibagikan. Bahkan, kehebohan suatu hal di suatu jenis media sosial sering diangkat ke khalayak umum.

Tak ada yang salah dengan menyebarkan informasi. Terlebih jika hal tersebut dapat mengedukasi masyarakat. Hanya saja perlu diperhatikan kebenaran berita yang disebarkan tersebut. Akhir-akhir ini, banyak sekali berita berterbangan di newsfeed facebook. Berita tentang tips, techno, isu-isu terhangat, politik, sosial, dan lainya berjejalan di newsfeed. Kadang berita itu baru, kadang juga berita tersebut sudah kadaluarsa. Err. Beragam memang.

Sayangnya, hanya sedikit masyarakat kita yang senang menyaring informasi. Kebanyakan lebih senang menerima apa adanya. Mungkin karena keterbatasan alat sehingga menyulitkan untuk mengkonfirmasi berita dan sumber berita. Hal seperti inilah yang harus dibiasakan. Dengan modal asal percaya, banyak orang pun dengan senang menyebarkan berita tersebut. Terlebih berita politik. Sangat mudah menggiring opini dan mengarahkan masyarakat.

Kalau dipikir-pikir memang niat banget pembuat berita di jejaring sosial. Kebanyakan berita pasti menyuguhkan gambar. Tak jarang gambar tersebut lebih banyak dibandingkan pada situs berita secara umum. Kadang berita yang tidak ada gambar menjadi ada gambar dengan menggunakan gambar yang cukup representatif. Ambil gambar, pasang sebuah tips kehidupan, dan bagikan.

Tak ada yang salah membaca informasi dan tak salah pula menyebarkan informasi karena yang terpenting adalah bagaimana kita menilai berita tersebut. 😐

Ini hanya rambling pagi-pagi, sembari mengingatkan diri bahwa saya harus mawas diri terhadap berita yang beredar di sekeliling saya.

 

Iklan

4 thoughts on “Berita di Jejaring Sosial

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s