Jawaban dari Pertanyaan Sahabat (Bagian 1)

Suatu ketika saya mendapat ajakan sebuah permainan dari sahabat saya. Inti dari permainan ini adalah paling tidak sang pengajak tersebut dapat mengetahui lebih tentang rekannya. Untuk lebih jelasanya tentang permainan ini dapat dilihat digambar ini.

Image

Jelaslah sudah kalau sahabat saya tersebut menghadiahi  11 pertanyaan yang harus saya jawab. Bisa dibilang apes atau tidak, saya mendapat dua ajakan dari dua sahabat saya yang berbeda (kang X dan kang Y). Itu berarti ada dua pr yang mesti saya kerjakan. Hmm, tapi karena mungkin biar lebih hemat sepertinya keduanya akan saya jawab menjadi satu saja.

Bagian pertama, saya harus mendeskripsikan 11 hal yang berkaitan dengan diri saya. Baiklah, ini 11 hal yang tiba-tiba melintas saat diberikan pertanyaan tersebut.

1. Pengamat dan Pemaham

Dari pemahaman, saya dapat mencurahkan perhatian kepada seseorang. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk memahami orang-orang yang berada disamping saya (Ada nggak ya?). Kadang, jikalau sedang iseng, saya senang mengamati seseorang siapapun itu, terhadap apa yang sedang dilakukannya.

2. Geografi

Hmm, peta dan atlas kadang membantu saya bermimpi kalau saya sudah keliling dunia. Keduanya mendekatkan dunia sehingga seolah-olah bisa pergi kemana saja, tahu  seluruh tempat, dan tampak semua negara bersaudara. Suatu masa saya sering menghabiskan waktu di depan atlas, berhubung tak banyak hiburan yang ada di TV. Yah, atlas lebih menarik daripada sinetron TV. Hobi lain, ngapalin nama negara sama ibukotanya dan mengingat-ingat lokasi gunung, danau, dll.

3. Global-Detil

Pola pikir yang saya gunakan dalam memahami sesuatu. Yah, cukup mudah untuk memahami sesuatu dari berbagai sudut pandang.

4. Sensitif dan Ekspresif

Kalau lagi semangat, saya menyengajakan melakukan sesuatu dengan ekspresif. Perubahan sedikit, membuat saya peka dan menjadi modal agar tidak kaku.

5. Tidak suka sendiri

Dari dahulu saya tidak pernah sendiri lama. Hmm, SD-SMA dari pagi hingga sore pasti dengan teman-teman sekolah. Tapi sayang, saat kuliah cukup menyeramkan karena banyak waktu sendiri (sendiri = dalam satu kotak ruangan hanya berisi satu orang terisolasi). Kosan itu tempat yang menyeramkan sekaligus nyaman. Tapi bukan berarti saya tidak perlu waktu sendiri lho :p

6. Moody

Kadang bisa ceria buanget, kadan bisa malas banget. Semua tergantung dari apa yang melintas di hati. Semoga bisa cepat jadi avatar mood biar bisa mengatur hal tersebut.

7. Penimbang-nimbang

Kadang saya senang memberikan isyarat terhadap ketidaksenangan dan ketidaknyamanan terhadap suatu hal. Jika ia perhatian alias memperhatikan perilaku saya, saya yakin mereka bisa tahu hal tersebut walaupun ternyata jarang orang seperti ini. Hmm, intinya saya mencoba mempertimbangkan terhadap apa yang saya lakukan. Tidak ingin melihat orang lain tersakiti atau menyakiti orang lain.

8. Petualang

Sebenarnya saya seneng kalau diajak hiking, naik gunung, jalan-jalan, backpaking, dan sejenisnya.

9. Kereta Api dan Fotografi

Kendaraan yang cukup hebat yang saya nikmati untuk pertama kali setelah motor, mobil, dkk. Waktu kecil pengin banget punya yang namanya miniatur kereta api. Sejak SMP kelas 3 saya pengin punya kamera dan belajar fotografi, tapi sayang sampai sekarang belum kesampaian.

10. Mungkin membosankan

Saya belum pernah menanyakan hal ini kesiapapun, kadang kala saya merasa diri saya begitu membosankan bagi orang lain. Jadi maaf kalau kadang tampak membosankan atau mengganggu. 😀

11. Pemalu

Aslinya saya adalah orang pemalu.

Selanjutnya, saya harus menjawab 11 pertanyaan yang diajukan. 11 pertanyaan pertama yang diajukan oleh kawan saya :

1. Kota mana kah yang menjadi impianmu sebagai tempat tinggal nantinya? Kenapa?

Bandung. Sejak lama saya jatuh hati dengan kota ini. Mungkin karena kedua orang tua saya yang dulu pernah tinggal di kota ini. Bandung merupakan kota yang pertama kali saya kunjungi saat balita.

2. Kapankah terakhir kali engkau melihat orang tuamu menangis? Boleh tahu alasannya?

Tanggal 1 Syawal kemarin. Tanda kasih sayang kedua orang tua kepada saya.

3. Seandainya engkau diberi 1 kesempatan mengetahui rahasia langit. Pertanyaan apakah yang hendak engkau ajukan?

Saya ingin menanyakan isi hati orang (orang yang ada di kepala saya sekarang ini). Saya tidak ingin mengecewekan mereka.

4. Hal apakah yang engkau lakukan saat jenuh, penat, atau sedih menyapamu?

Saat jenuh, saya naik kendaraan entah kemana. Situasi tersebut sangat membantu saya dalam melakukan refleksi dan introspeksi. Selain itu, menonton anime favorite yang cukup efektif menghilangkan rasa penat. Dan terakhir, saya akan main ketempat sahabat walaupun hanya numpang duduk atau baca buku saja.

5. Dari 114 surat dalam Al-Quran, surat apakah yang paling engkau suka/sering engkau baca? Mengapa?

Hmm, surat As Shaf. Karena dulu diminta menghafal saat temu etoser nasional. Saat membaca tafsirnya, cukup membuat saya semangat. :p (Jangan mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan-> takut hal ini)

6. Jika engkau boleh memilih, kampus manakah yang engkau ingin menuntut ilmu di dalamnya?

Wah, kalau kampus, Semoga InsyaAllah Tokyo Daigaku (The University of Tokyo).

7. Pernahkah mengalami depresi dalam hidup? Bagaimana solusinya ketika itu?

Depresi berat, Alhamdulillah belum. Namun, ketika saya bertemu dengan kegagalan saya selalu mengucapkan hal ini kepada diri saya :
“Ternyata usahamu belum maksimal, Teruslah berusaha keras. Allah tidak akan memberikan ujian sesuai dengan kemampuan hamba-Nya. Jadi jangan lah berputus asa, bisa jadi didepan jalan tersebut ada jalan yang sesuai dengan dirimu, dan jalan tersebut merupakan jalan yang kau cari.”

8. Apakah mimpi besar yang sampai saat ini belum engkau capai?

Banyak hal yang ingin saya capai, menguasai dunia salah satunya (bajak laut). Intinya saya ingin menjadi orang yang membawa manfaat untuk orang lain (abstrak kan, realisasinya bisa wujud profesi suatu saat). Selalu berusaha menanyakan kepada diri sendiri :
“Apakah yang kau ingin miliki dan kau cari? Apakah hal tersebut membawa manfaat? Dan kenapa kaulah yang mendapatkan amanah tersebut dari Allah?”

9. Apakah buku yang paling berkesan selama ini?

Sebuah buku yang saya sendiri lupa judulnya dan pengarangnya. Intinya buku tersebut bercerita tentang kemajuan indonesia saat pameran pesawat yang Indonesia buat. Berkesan karena saya baca buku tersebut saat kelas 1 SMP. Aslinya banyak kok 😀

10. Tempat wisata apakah yang ingin sekali engkau kunjungi?

Entah kenapa saya ingin menuju pulau perbatasan Indonesia, seperti di Sulawesi Utara, Nusa Tenggara. Selain itu, saya juga dapat berkunjung ke Hokkaido dan Okinawa. Tentu Backpacking berkeliling asia tenggara. Masih banyak lagi sih sebenarnya karena banyak yang baru bisa dikunjungi lewat atlas.

11. Kontribusi apa yang ingin engkau lakukan untuk negeri ini?

Berkontribusi  melalui profesi yang mungkin nanti diamahkan ke saya. Suatu saat saya ingin membantu masyarakat dalam pendidikan dan pekerjaan.
5 thoughts on “Jawaban dari Pertanyaan Sahabat (Bagian 1)

Tinggalkan Balasan

