Tugas II3062- Topik Email Penyadapan dan Attachment

Tugas Kemanan kali ini bertema topik email penyadapan dan attachment.

1. Untuk yang pertama tugas dilakukan dengan mengirimkan email dengan menyertakan lampiran. Selanjutnya, setelah email dikirimkan, langsung bukan email dengan menggunakan email client seperti Thunderbird, Outlook, atau google offline mail. Kali ini saya menggunakan Thunderbird. Setelah email diunduh oleh thunderbird, email yang saya kirimkan tersebut langsung dibuka dan dilihat sumber email. Maka akan terlihat :

Email Raw

Dari raw tersebut bisa diketahui bahwa pembatas antara email body dengan lampiran adalah barisan dari

--20cf307abea7a5692004a03ccb60--

Sedangkan pembatas antar lampiran adalah :

--20cf307abea7a5692b04a03ccb62

Untuk attachment sendiri, dituliskan secara plaintext dengan format encoding base-64. Base-64 akan membentuk karakter dengan variasi 64 jenis. Sehingga ahanya sedikit karakter yang dimunculkan. Untuk padding sendiri dilakukan dengan menggunakan karakter”‘==” atau “=”.

2. Untuk tugas kedua dilakukan dengan mengirimkan sebuah email ke email saya yang lain. Sebelumnya saya menyalakan program wireshark kemudian memonitor komputer saya sendiri dengan port yang akan saya amati adalah SMTP, langsung lakukan filtering dengan smtp paket yang sedang dimonitor.

 

Pesan yang saya kirimkan bisa dibaca dengan jelas menggunakan wireshark. Dan berikut ini hasilnya :

Sekian tugas kali ini. 😀

Tinggalkan Balasan

