Tugas II3062-Steganografi

Tugas keamanan informasi kali ini berkaitan dengan steganografi. Ya, betul sekali steganografi pasti berkaitan dengan penyembunyian pesan. Mendapat tugas ini jadi teringat kebiasaan bersama beberapa teman SMP dulu, sewaktu main tebak-tebakan dengan sebuah pesan yang kami tulis, mungkin waktu itu kami sedang senang-senangnya dengan anime conan. Waktu itu kami menuliskan pesan dalam sebuah cerita yang kami buat dan tentu dengan meninggalkan beberapa petunjuk agar kami tahu maksud dari pesan tersebut. Ada beberapa yang meninggalkan pesan dalam gambar, tapi berhubung saya lebih suka dengan tulisan daripada gambar, saya meninggalkan dalam pesan dalam bentuk tulisan. Bagi saya tulisan dan gambar adalah dua format tipe informasi yang seseorang bebas untuk mengimajinasikan segala hal yang ada di dalamnya. Alasan tersebutlah yang membut saya lebih sudah dengan tulisan dan suara.

Walaupun begitu, diantara kami yang ikut permainan ini, mungkin hanya saya yang paling mudah untuk ditebak, karena tebakan saya tidak jauh-jauh dari geografi. Maklum saja, saya punya hobi yang cukup unik yaitu, betah di depan atlas berjam-jam waktu dulu. berjam-jam ngapain? Sesekali saya iseng menghitung, kalau misalkan saya dari indonesia hendak ke guatemala, berapa kali saya harus menyebrangi laut paling sedikit. Dan sampai sekarang kebiasaan ini juga masih saya lakukan sebagai ajang refreshing disaat tugas yang banyak. Untuk sekarang ini, saya mencoba-coba mendesain permainan yang lebih kompleks terkait travelling. Walaupun masih belum terlalu jelas, mungkin singkatnya seperti ini :

1. Travelling, untuk mendapatkan beberapa koleksi dari tempat yang dikunjungi, mungkin bisa bendera atau badge.

2. Traveler memiliki HP dan uang yang akan berkurang setiap melintasi negara dan beberapa wilayah tertentu serta aktivitas tertentu. Wilayah tertentu yang bisa mengurangi HP atau uang, misalnya melewati gurun, daerah konflik, atau laut(perlu uang buat nyeberang). Sebagai contoh mungkin melewati samudra atlantik, laut persia, gurun namibia, contoh daerah yang bergejolak adalah melintasi kota yang sedang ada perang, misalnya di irak, kota najaf(semoga tidak ada perang lagi).

3. Sebaliknya untuk mendapatkan tambahan HP, setelah mengunjungi suatu wilayah tertentu(tujuan travelling) akan mendapatkan bonus HP dan uang, misalnya: setelah melintasi kota ely(sebuah kota yang memiliki jalur kereta menuju skotlandia),kota tasikmalaya, atau kota agra yang ada taj mahalnya.

4. Ketika melewati wilayah unik juga mungkin mendapatkan bonus, seperti melewati pulau rokko (pulau buatan, beberapa pulau buatan lainya adalah odaiba yang terletak di teluk tokyo dan pulau buatan untuk bandara, misalnya bandara kansai).

Walaupun jauh dari sempurna desainya, tapi saya senang melakukanya karena bisa nambah ilmu geografi. Sekarang ini berkat internet, saya bisa mengetahui tempat unik yang lebih banyak. Contonhnya adalah danau eyre yang merupakan tempat terendah di negara yang berbatasan dengan pulau rote atau negara eritrea yang memiliki ibukota negara unik, kota kanowna yang termasuk kedalam daftar kota hantu. Kota ini sepi seiring dengan menurunya jumlah emas disana. Negara yang unik lainya adalah omam, coba saja teman-teman cari tahu kenapa negara ini begitu unik.

Saya juga bisa tahu tentang tempat-tempat ekstrem, contohnya mount mckinley merupakan salah satu tempat tersebut karena termasuk di dalam tujuh gunung tertinggi dengan gunung everest menduduki tingkat pertama. Tapi tetap ada satu tempat yang menarik perhatian adalah dunwich, yang termasuk juga dalam kota hantu. kota ini hilang seiring dengan abrasi yang dialami karena kota ini terletak di tepi pantai dan ada menurut beberapa kabar katanya ada proyek yang akan mengungkap kota ini yaitu melalukan eksplorasi bawah lain. Dulu kota ini merupakan ibukota dan kota pelabuhan di era 1500 tahun lalu.

Kembali ke steganografi. untuk tugas steganografi kali ini berikut tugasnya :

Anda diminta untuk membuat steganography dengan pesan yang ditentukan pada waktu di kelas.

Sekian tugas ini. Dan pesan tersebut terdapat dalam keseluruhan artikel ini, silakan dicari. 😀

Tinggalkan Balasan

