Sality Virus

Udah dua orang di asrama terkena virus ini. Aku sendiri nggak tahu kenapa komputer mereka bisa terserang virus ini. Tapi tetap asumsiku dari dulu, virus ini tersebar karena colok-mencolok flashdisk. Kedua kasus memiliki kesamaan, yaitu hanya menggunakan antivirus lokal saja. Hehe, ketika aku tanya, kenapa hanya menggunakan antivirus X saja? Keduanya menjawab dengan jawaban yang sama, kalau pake ini, nggak bisa diinstall. Wah, jadi dah, aku bertanya-tanya, masa sih? Oiya, ketika aku tanya, kenapa antivirus lokal ini, mereka menjawab, agar tidak terkena virus shortcut. Oh. Padahal menggunakan antivirus yang biasa aku pake juga bisa deh untuk terhindar dari virus shortcut.

Tapi ternyata itu nggak benar juga, buktinya aku berhasil memasang antivirus X, yang biasa aku pake. Karena ingin membersihkan virus-virus yang sudah beranak-pinak di komputer, akhirnya aku langsung lakukan scanning dengan antivirus ke seluruh sistem yang ada. Dan benar saja, banyak sekali virus yang ada, dan kebanyakan adalah sality virus.

Kasus pertama dan kedua ada bedanya. Kasus pertama tak separah kasus kedua, namun tetap dengan karakteristik yang sama. Kasus pertama tidak sampai menyerang ke bagian boot sector alias nggak perlu install ulang operating system. Kasus kedua, komputer sudah tidak bisa booting, alias harus kembali di install ulang. Tapi ketika selesai di install ulang, ternyata virus itu masih ada dan tinggal disana. Memang benar pas dilihat disemua disk sudah terinfeksi virus itu. Nah, jadi deh penasaran apa sih sality itu?

Sality merupakan file infection virus, artinya virus ini mampu menginfeksi file .exe dan .src. Tidak hanya itu, virus ini juga memiliki worm yang mampu menyebarkan virus ini ke semua disk yang ada. Lebih hebat lagi, virus ini punya trojan downloader yang mampu menginstall malware ke komputer ketika kita terhubung dengan internet. Hmmm… dan benar saja, ketika komputer yang terinfeksi virus ini dibersihkan akan ada ratusan virus yang terjaring. Huahua, Jadi berhati-hatilah.

Nah, ketika terkena virus ini, program yang terkait dengan keamanan komputer akan di disable oleh virus ini, sehingga tidak bisa dijalankan. Termasuk di dalamnya registry editor dan task manager. Weh-weh.

Mungkin sedikit tips biar nggak sampai terkena virus separah itu :

1. Gunakan antivirus tidak hanya lokal saja untuk komputer teman-teman

2. Jangan asal colok-mencolok flashdisk

3. Jangan asal menginstall program, kali aja program itu sudah disisipi oleh virus.

4. Rawatlah baik-baik komputermu dengan melakukan pemutakhiran antivirus dan scanning secara berkala. 😀

5. Back-up lah file teman-teman.

Walaupun terlihat sederhana, tapi itu efeknya luar biasa.

Semangat!!!:D

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s