Sekolah Desa Produktif

Sekolah desa produktif atau yang bisa disingkat dengan SDP merupakan program di bawah LPI (Lembaga Pengembangan Insani-Dompet Dhuafa Republika). Rencananya program ini akan digabungkan dengan program beastudi etos, artinya pelaksanaan program dilakukan bersama-sama etoser ( a.k.a sebutan mahasiswa penerima beastudi etos).

Jadi tak ketinggalan etoser bandung pun akan melaksanakan program ini. Yeah, tidak main-main dalam melaksanakan program ini dilakukan beberapa tahapan. Ada tahap assessment, pengolahan data hasil assessment, perancanangan program, sampai tahap eksekusi program. Katanya, hal ini dilakukan agar program yang dilakukan nanti tepat sasaran dan berkualitas. Program ini, hanya bersifat pendampingan desa dan menuntup partisipasi aktif warga desa untuk maju bersama. Ya kurang lebih seperti itulah nanti pelaksanaan programnya.

Nah, rencananya program SDP akan berjalan di sembilan kota yang terdapat beastudi etos. Kesemuanya akan dimulai secara berkala dan terjadwal alias satu persatu.

Alhamdulillah untuk di Bandung, proses assessment telah dilaksanakan. Sebelum proses pelaksanaan assessment ini, terlebih dahulu dilakukan pemilihan kandidat desa tujuan SDP. Nah, penentuan kandidat ini dilakukan hanya dengan survey lewat internet atau lewat mana saja boleh untuk mendapatkan data kasar. Tetapi tetap memperhatikan aspek jarak, yaitu kurang lebih 1 jam dari asrama.

Baru dari kandidat desa tersebut, dilakukan pemilihan lebih lanjut, istilah lain  di syuro-kan. Waktu itu kami[etoser bandung] memilih dua kandidat yaitu cigadung dan jayagiri. Yeah, setelah dipilih, dilanjutkan dengan assessment dengan mendatangi desa tersebut secara langsung untuk mendapatkan fakta yang sesungguhnya.

Wah, sebelum lupa, SDP nama kerennya adalah SSR [school social resposibility].

mari maju bersama! 😀

Iklan

6 thoughts on “Sekolah Desa Produktif

    • Banyak ndra, tapi sasaran kami ada empat aspek Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial. Nah, pas perancangan program nanti, itu dilakukan bareng-bareng bersama penduduk di sana. Ini perlu agar tahu juga masyarakat di sana punya motivasi untuk maju bersama atau tidak. Jika ternyata masyarakatnya nggak ingin maju, kami tidak bisa berbuat apa-apa lagi terpaksa kami mencari desa yang lain[acuanya pendampingan desa]. Pokoknya ada penilaian kelayakan desa gitu deh.

      Emang bakalan asyik ndra, karena kami disini dibantu langsung sama yang ahli dalam pelaksanaan program sosial dari LPI-nya.

      Kalau sekarang baru sampai tahap pengolahan hasil assessment. Dan, dari data yang ada kemarin, yang cocok atau berpotensi Desa Jayagiri.
      Makasih dukunganya, hehe. Ikutan juga boleh kok. Bergerak penyusunan program nanti sekitar bulan mei. Sekarang sedang vakum dulu, karena ada acara besar di asrama. Hihi.

      😀

  1. lanjutkan!!! keliatan banget Sidik semangatny!!! ayo dek maju terus ampe goal ni program!! teteh pengen banget ikut program ini mpe beres, soalnya program ini adalah salah satu perwujudan impian teteh, so titip di kalian yaa..

    btw, asyik banget minimal pas TENS, ga ada ajang Bandung malu tampil lagi kayak tahun kemarin!! tahun ini Bandung berhasil neg-running program-nya.. two thumbs buat Etoser Bndung.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s