What is inside “labtek v fastfood delivery(ffd)”? I wonder

(another side of my days)

Wah, tak terasa nyaris dua tahun hidup di labtek v, dan nyaris setahun menjadi penghuni tetap labtek v ( tapi kagak duduk di kursi bos lho ). Nah, pasti bingung apa itu ffd?

ffd, kek judul di atas berarti makanan cepat saji yang dikirimkan secara cepat. Ya, yang jelas bukan saudara atau ada keterkaitanya dengan ffdshow.

Nah, kenapa ffd, karena ketika ingin pesan tinggal bilang aja ke bapaknya (tak sebut nama). Nah, bapaknya biasanya ada di labtek v lantai 4 atau di labdas 3(pas lagi ngater makanan) .  Pas pesan jangan lupa sebutkan tujuan pemesanan, lalu pemesan tinggal kembali ketempatnya untuk melanjutkan aktivitasnya.

Tidak lama kemudian biasanya bapaknya akan datang dengan membawa nampan yang penuh dengan makanan. Dan, tentu wajah para pemesan akan tersenyum karena sebentar lagi mereka akan makan(kadang termasuk aku lho, tapi kalau aku masih jarang sih). Ada yang rebus ada yang goreng, dan rata-rata dibarengi dengan telur. Surprisenya porsi normal pemesanan adalah DOUBLE, mantap kan.

Pasti kebingungan, emang yang dipesan apa sih? Yo, yang dipesan adalah mie rebus dan goreng.

Yah, akhirnya aku ngebahas ini, gara-gara teman aku ngajakin berdebat, baik mana mie goreng dan mie rebus? Ya sudah akhirnya aku inget sama ffd kan sama. Lagian sampe sekarang yang aku rasain mie goreng cuma enak baunya doang, sedangkan mie rebus kan enak rasanya(*maaf, enak kan relatif).

Dan akhirnya setelah mencari sumber kesana kemari, dapatlah beberapa informasi yang ada di mie. Info ini aku dapat dari satu bungkus mie yang bentar lagi bakalan dimasak. Dari komposisinya yang aku nggak ngerti dan nggak kebayang dan yang kayaknya itu bahan kimia adalah berikut ini : pewarna (tartrazine Cl 19140), antioksidan (TBHQ), monosodium glutamat, Niasin, Pantotenat.

He, namanya aneh-aneh, dan berikut ini sedikit informasi tentang mereka :

Pertama tartrazine, digunakan untuk pewarna makanan. Pewarna makanan ini katanya sih bisa menyebabkan alergi terutama buat yang punya asma. Tapi jangan cemas dulu, karena jumlah orang yang mungkin kena ini lebih kecil jika dibandingkan dengan orang yang alergi udang. Perbandingan nya adalah untuk yang alergi ini 1:10.000 sedangkan untuk orang yang alergi udang adalah 1:50. Jauh, kan? Biasanya orang yang alergi ini bisa pusing, migran, sulit bernafas, tidak bisa tidur, dll.

Kedua adalah antioksidan (TBHQ). TBHQ itu kepanjangan dari tert-Butylhydroquinone. Benda itu katanya antioksidan, fungsinya adalah sebagai stabilisator untuk menghalagi autopolimerisasi dari peroksida organik. Nah, kalau menggunakan ini ada regulasinya lho, kalau ditambah pada lemak atau minyak hanya boleh 0.02% nya saja (EFSA). Katanya ada efek kalau memakai ini terlalu banyak. Katanya kalau kebanyakan nanti sifatnya berubah jadi karsinogenik. Efeknya antara lain bisa mengakibatkan kanker perut atau merusak DNA(ah serem!!!). Tapi itu katanya masih kontroversi kok. Kan buat nguji efek samping tadi tu kan pake tikus, katanya tikus dengan manusia punya perbedaan dosis yang berbeda jauh untuk TBHQ ini. Jadinya bilang kalau sekarang ini TBHQ masih aman kok.. 😀 (semoga).

Ketiga adalah monosodium glutamat atau yang biasa disingkat dengan msg. Wah kalau ngebaca sejarahnya luar biasa lho penemunya, terima kasih Dr. Ikeda. Nah, dari sumber yang aku tautkan di monosodium glutamat, mengatakan kalau belum ada efek yang parah dari menggunakan msg. Ada penelitian mengenai efek ini, tapi memang dosis yang diberikan katanya luar biasa banyak dan tidak realistis. Contohnya adalah MSG dapat menimbulkan kerusakan otak. Memang benar hal ini terjadi pada bayi tikus. Tapi dosis yang diberikan itu luar biasa besar yaitu 0.5 -4.0 g/kg dari berat badan mencit, jumlah itu katanya setara dengan 30-240 g pada manusia dengan berat badan 60 kg. Sedangkan kita tahu kalau dosis dari MSG kan kurang dari 30 gr. Ya, mungkin yang belum jelas adalah adakah akumulasi MSG dalam tubuh manusia yang berarti tubuh manusia emang menyimpan MSG sampai suatu saat biasa mencapai jumlah segitu dan akhirnya bisa merusak otak? Ingat juga MSG dalam tubuh juga dipakai dalam proses dan juga tubuh kita menciptakan MSG. Hmmm.

Efek lainya adalah bisa menyebabkan kanker katanya. Ekprimen ini dilakukan pada tikus yang telah diberikan MSG. Tikus tersebut akan menderita kanker pada usia tua. Nah, poin disini adalah pada manusia, usia lanjut kan lebih rentan atau memiliki kemungkinan menderita kanker dibandingkan dengan usia muda. Makanya ada yang mengatakan kanker itu dihubungkan dengan usia. Hmmm(boleh juga)..

Benda selanjutnya adalah Niasin. Apa ya Niasin itu? Niasin itu dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol dan mencegah serangan jantung. Namun, pemakaian berlebihan dalam tubuh bisa menimbulkan kanker hati lho. Kalau kaya dimakanan di atas, sepertinya sudah menggunakan jumlah yang aman.

Yang terakhir adalah Pantotenat, katanya digunakan untuk coEnzimA. Nah, tubuh kita memerlukan sedikit tapi jika kurang juga akan protes. Tapi penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan sakit kepala, insomnia, dan gangguan pencernaan. Biasa terjadi pada pecandu alkohol dan manula, karena keduanya memiliki kemampuan pencernaan yang sudah menurun.

Ya, kalau menurut aku, aman nggak ya? Kayaknya si aman-aman aja asal dalam kewajaran :D. Dah sekian dulu menggeje nya…

Kalau menurut teman-teman?

Iklan

2 thoughts on “What is inside “labtek v fastfood delivery(ffd)”? I wonder

  1. hi I was luck to find your subject in digg
    your post is exceptional
    I get a lot in your Topics really thanks very much
    btw the theme of you website is really exceptional
    where can find it

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s