Terfokus pada bagian persoalan yaitu perahu

Habis kuliah jaringan komputer, teman saya menanyakan kepada saya.
Teman saya bernama Hendra, ia bertanya, berapa jenis binatang yang dibawa perahunya nabi musa?

Mendengan pertanyaan itu, saya berfikir, wah berapa banyak ya? keknya banyak banget deh.
Belum selesai berfikir, eh teman saya fikri yang duduk di sebelah saya mengatakan, ada dua jenis.
Dia melanjutkan, dua jenis itu jantan dan betina.

He… Saya pikir, wow, logis banget dah dua jenis, jantan dan betina.
Eh!, si hendra palahan bilang, bukan itu jawabanya salah.

Lho, abis itu mikir lagi, apa ya?

Taram, iya, ada sebanyak klasifikasi animalia. yoyoyo.
Saya harap jawaban saya benar, tapi salah juga. Karena sudah bingung ya udah, akhirnya saya menyerah akan jawaban itu.
Dan diapun mengatakan jawabnya adalah TAK ADA.

Betapa bodohnya, saat itu saya malah bertanya,Kenapa?
Dia melanjutkan jawabnya, lah nabi musa kan ndak naik perahu, yang naik kan nabi nuh.
Ohw……
betapa bodohnya saya, tertipu dengan pertanyaan itu.
Terlalu fokus pada kata-kata perahu, tapi itu alasan.

Teman-teman, dari kejadian di atas, banyak diambil manfaatnya walaupun nampak tidak ada.
1. Manusia kadang terfokus pada satu bagian persoalan tidak melihat bagian yang lain.
Mestinya kita mampu melihat pada setiap bagian persoalan karena bisa jadi dibagian yang lain kita dapat mendapatkan jawaban atau petunjuk.

2. Jangan salah yang membuat perahu dan naik perahu untuk menyelamatkan umatnya adalah Nabi Nuh As.

3. Kadang kita harus mampu menghadle sesuatu yang tidak sesuai dengan kebiasaan kita. Mencoba untuk berfikir tidak sesuai dengan kebiasan jika dengan cara yang biasa kita lakukan tidak berhasil.

4. Dan, jangan melakukan hal yang sia-sia saat bulan Ramadhan karena ibadah kita akan sia-sia.(*tak ada hubungannya dengan yang atas).

Tinggalkan Balasan

