Hari berbatik se-ITB

Medeka, merdeka!!! 65 tahun ITB telah merdeka(‘Katanya’).

Bulan Agustus seperti tahun sebelumnya, menjadi bulan yang istimewa bagi Indonesia. Kenapa? Karena di bulan itu kita merayakan hari kemerdekaan kita. Walaupun sekarang ini orang-orang mulai mengkaji ulang apa itu merdeka. Banyak orang berpendapat dan setuju bahwa bangsa Indonesia sekarang ini belum merdeka. Merdeka arti yang baru adalah merdeka yang bukan hanya berarti arti penjajahan secara fisik seperti zaman sebelum 1945 melainkan merdeka secara keseluruhan sebagai sebuah bangsa. Keseluruhan ini meliputi ekonomi, pendidikan, teknologi, dan bidang lain.

Jika dilihat bangsa Indonesia sekarang ini, belum merdeka secara pendidikan. Pendidikan masih dinikmati oleh segelintir orang dan biayanya cenderung semakin mahal saja. Sektor ekonomi indonesia juga masih diinterferensi oleh bangsa-bangsa maju. Teknologi juga masih dimonopoli oleh negara maju da negara berkembang seperti Indonesia hanya menjadi konsumen belaka.

Terlepas dari merdeka di atas, ada patutnya kita tidak melupakan para pahlawan yang telah berkorban untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Dan bagi saya hal itu adalah suatu permulaan dari kemerdekaan yang sesungguhnya. Sehingga dapat dikatakan bangsa ini masih melanjutkan perjuangan untuk merdeka mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya. Dan sekarang adalah tugas kita-kita untuk memperjuangankan kemerdekaan yang sesungguhnya. Dan mestinya kita tidak menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan yang telah memulai perjuangan ini.

Mengingat pahlawan dan melanjutkan perjuangan merupakan hal yang wajib kita lakukan dan semestinya dilakukan sebagai generasi penerus bangsa. Di ITB dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan selain dilakukan upacara bendera khusus untuk mahasiswa baru juga menjadikan tanggal 18 Agustus sebagai hari berbatik seITB.

Menurut saya, dan buat pembaca semuanya, batik ibarat ikon dari indonesia. Jika orang tahu tentang batik maka akan terpikirkan batik. Batik merupakan salah satu warisan budaya bangsa, mesti kita hargai. Cara menghargainya yaitu dengan menggunakan batik. Walaupun saya terlihat seperti orang mau kondangan tapi saya bangga menggunakan batik karena batik itu asli Indonesia.

Mari mencintai indonesia dengan cinta yang sesungguhnya!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s