The Story of The Stuff (Judul Aslinya)

Begitulah judul video ini. Dalam video ini menjelaskan tentang asal muasal barang-barang yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana rantai sehingga terjadinya barang yang kita gunakan. Mulai dari ekstraksi, produksi, distribusi, sampai konsumsi dan yang terakhir adalah disposal.

Dalam video digambarkan semuanya berlanggung secara linier tidak membentuk suatu rantai tertutup. Dengan alur linier dapat dipastikan akan berakhir di salah satu tahap yaitu di disposal.

Tahap ekstraksi, yaitu tahapan mencari bahan-bahan untuk membuat benda-benda tersebut. Semuanya adalah eksplorasi bumi, baik itu hutan, maupun sumber daya alam.

Tahapan Produksi adalah membuat barang-barang tersebut yaitu dengan mengombinasikan bahan-bahan. Dalam video diceritakan, dalam produksi barang belum tentu memperhatikan apakah barang tersebut aman untuk digunakan atau tidak? dan kata yang paling saya ingat adalah “toxics in, toxics out”. Lihat aja gambar di bawah ini:

Ya, toksin dimasukan menjadi produk dan kita kemudian menggunakan secara sadar atau tidak sadar.

Dalam tahap distribusi juga diungkapkan “mungkin kalau istilah indonesianya adalah kongkalikongnya”. Dan sampailah di tangan konsumen dan konsumen menggunakanya. Setelah selesai digunakan baru kemudian di buang atau di disposal. Dan menumpuklah menjadi sampah.

Sepertinya memang tidak ada harapan, tapi masih bisa. Jika kita kembali bersahabat dengan alam, dan alurnya bisa menjadi siklus yang terus berputar.

Saya rasa, sekarang ini mulai banyak perusahaan yang melirik ide ini. Dan nampaknya masyarakat pun mulai sadar akan hal ini dan semakin selektif ketika membeli barang.

Sumber beritanya bisa di klik di sini : thestoryofthestuff

Go EcoLiving… 😀

Berhati-hati dengan barang yang anda beli….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s