NETRA, Teknologi yang Murah untuk Pemeriksaan Mata

Kesalahan diagnosis pada kelainan mata merupakan salah satu penyebab kebutaan. Dalam pemeriksaan mata, untuk dapat menentukan apakah mata itu rabun jauh, rabun dekat, atau pun astigmatis dapat menggunakan dua macam alat di dunia kedokteran.

Alat yang pertama adalah Phoropter, yaitu pasien digunakan menggunakan alat itu, sedangkan pasien yang menggunakanya harus membaca huruf di papan(huruf besar kecil yang biasa dilihat pada dokter spesialis mata). Yang kedua adalah menggunakan Aberrometer, yaitu suatu alat yang akan memancarkan laser, kemudian dengan analisis array dapat diketahui karakteristik mata tersebut.

Alat-alat dengan nama di atas tentu tidak murah, terutama aberrometer. Hal ini lah yang menjadi kendala di berbagai negara berkembang. Hal ini salah satu yang menginspirasi tim dari MIT untuk mengembangkan teknologi pemeriksaan mata yang murah yaitu NETRA(Near Eye Tool for Refractive Assessment). NETRA hanya menggunakan HP sejenis PDA dengan ditambahkan ekstensi lensa dilengkapi dengan alat untuk meletakkan di PDA.

Lensa yang merupakan ekstensi dilengkapi dengan matriks titik yang berukuran tiga kali tiga. Dan ketika di jalankan akan dimunculkan garis dari berbagai sisi sebanyak delapan kali. Jika sebelumnya pemeriksaan mata membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan alat ini hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit. Dan hasilnya pun cukup akurat dan dapat dibandingkan dengan hasil pemeriksaan menggunakan Aberrometer.

Untuk mengetahui berita tentang ini dapat dikunjungi tautan berikut ini : NETRA.

Berikut ini cuplikan video terkait NETRA :

Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk berinovasi. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s