Gesture-based Computing dengan Biaya Murah

Yuhu, setelah sebelumnya Pranav Mistry (SixthSense) menampilkan ide tentang menggabungkan dunia maya dan dunia nyata, sekarang mencoba memanipulasi gerakan tangan ke dalam dunia maya. Jika dalam Sixthsense yang digunakan hanya plester berwarna untuk menangkap citra yang menunjukkan pergerakan tangan, gesture-based computing juga menggunakan ide yang sama yaitu menggunakan warna.

Dengan memanfaatkan sarung tangan berwarna dalam penjelasanya menggunakan 20 jenis warna, dapat membantu untuk membuat tangan virtual tiga dimensi dalam komputer sehingga kita bisa mengetahui jari manakah yang bergerak.

Sebelumnya mungkin banyak yang mengembangkan teknologi ini, tetapi untuk membuat prototype-nya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, mahasiswa MIT berhasil mengembangkan teknologi ini dengan baiya yang cukup murah. Robert Wang (mahasiswa MIT) dan Jovan Popović (Professor Teknik Elektro dan Komputer Sains MIT) mengembangkan alat ini. Sarung tangan di atas jika diproduksi diperkirakan hanya berharga satu dollar amerika, perangkat lain yang dibutuhkan adalah kamera atau webcam, dan yang terakhir pasti komputer atau laptop.

Beliau-beliau di atas berhasil membuat piranti lunak yang mengolah data citra sehingga pergerakan tangan dapat diproses dengan cepat oleh komputer tanpa jeda. Dengan dikembangkanya teknologi ini, dimungkinkan terjadi perubahan dalam dunia game.

Saya sangat tertarik dengan terkologi ini, yaitu pengolahan data citra dari kamera sehingga menjadi informasi digital. Warna sendiri digunakan sebagai pembentuk tangan sehingga dapat dibuat menjadi model 3 Dimensinya.

Robert Wong juga berhasil mendemonstrasikan teknologi ini, dengan menggunakan objek 3 dimensi. Ceritanya, dengan tangan virtual berhasil menyusun balok-balok virtual dalam komputer, juga melakukan zooming terhadap objek virtual.

Berikut ini sumber artikel mengenai gesture-based computing : Gesture-Based Computing.

Nah, di bawah ini adalah video ketika dilakukan demonstrasi menggunakan balok virtual:

Sedangkan untuk demonstrasi saat melakukan zooming objek virtual dapat dilihat di bawah ini :

Saat melakukan tracking terhadap gerakan tangan dapat dilihat di bawha ini :

bahkan dapat digunakan untuk flight simulation :

Semoga bermanfaat dan dapat memacu kita untuk berinovasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s