Driver untuk Sony Ericsson K310i

Beberapa hari ini saya mencari driver untuk HP saya yaitu SE k310i. HP yang cukup jadul, tapi hal ini saya lakukan terlebih hanya untuk mem-back up informasi yang masuk ke HP saya seperti SMS dan data lainya. Memang HP ini memiliki kelemahan, yaitu tidak memiliki bluetooth dan hanya memiliki infra-merah. Sedangkan sewaktu membeli, saya tidak di beri kabel data sehingga mesti membeli kabel data agar dapat terkoneksi dengan komputer.

Ketika melakukan googling, jujur banyak sekali software-software untuk ini, tapi ada yang berbayar(artinya bayar dulu baru download). Tapi saya masih percaya pasti ada driver resmi dari sony ericsson. Semula saya hanya memasang PC Suit yang terbaru tetapi tidak dapat terhubung dengan HP saya sedangkan ketika transfer file HP saya berhasil dikenali oleh komputer saya. Komputer saya menggunakan OS Windows 7.

Selanjutnya saya berhasil menemukan driver untuk k310i di website Sony Ericsson, lebih tepatnya PC Suitnya.Berikut ini linknya : PC Suit SE k310i dan untuk update service-nya bisa di : Update Service SE k310i.

Setelah selesai diunduh, jangan lupa untuk mengunduh update service-nya sehingga kita bisa mengg-update dari komputer kita. Setelah dua-duanya dipasang, sekarang selanjutnya kita dapat melakukan sinkronisasi HP dengan komputer. Jangan lupa memilih “Phone Mode” ketika di HP muncul jendela baru. Perhatian “Harap bersabar ketika HP baru tersambung dengan Komputer”, biasanya, jika terhubung dengan internet akan langsung mencar update dari driver, tapi jika tidak terhubung, HP masih dapat dikenali.

Karena PC suit yang digunakan versi 2.10.46, belum memiliki phone explorer-nya sehingga masih membutuhkan phone explorer. Seperti myphoneexplorer yang open source. Teman-teman bisa mendapatkan myphoneexplorer di link berikut ini : myphoneexplorer download.

Dan, setelah kedua perangkat lunak telah dipasang, teman-teman bisa melakukan sinkronisasi dengan K310 termasuk update service-nya.

Untuk update service-nya dapat mengikuti langkah berikut ini:

1. Buka update servicenya

2. Pastikan HP tidak terhubung dengan komputer dan teman-teman memiliki kabel USB

3. Lepaskan baterai dari HP kemudian pasanga kembali

4. Pasang kabel USB ke komputer.

5. Pasang kabel USB ke HP dan tekan terus menerus tombol “c” pada HP sampai ada pemberitahuan untuk menghentikanya.

6. Setelah muncul peringatan, komputer akan mengunduh service-terbaru untuk HP k310 dan pastikan jangan sampai HP terputus dengan komputer.

7. Setelah selesai, langsung putuskan hubungan HP dan komputer dengan tidak perlu melakukan “safety remove”

8. Lepaskan HP dan pasang kembali kemudian nyalakan HP

9. Sebelum melakukan update service jangan lupa untuk mem-back up semua data-data karena semua data yang ada di HP akan dihapus baik itu kontak, sms, pokoknya dibersihkan semua memorinya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

9 thoughts on “Driver untuk Sony Ericsson K310i

    • Kalau untuk k320i saya sendiri kemungkinan si bisa mas, waktu itu saya pernah mencoba memasang PC Suit k310i untuk SE naite. Dan alhamdulillah terdeteksi[artinya bisa]. Tapi kalau ndak salah sekarang SE sudah ndak make nama “PC Suit” lagi, tapi diganti nama jadi “PC Companion”. Untuk HP lama, saya sendiri kurang tahu apakah difasilitasi atau tidak.

      Saran saja, coba pasang myphoneexplorer yang di atas itu langsung, karena halaman PC Suitnya sendiri juga ternyata setelah saya cek sudah tidak ada. Mestinya si langsung bisa dideteksi ketika sudah memasang myphoneexplorer HPnya.
      Waktu itu, karena saya punya masalah dengan drivernya, entah kenapa, jadi tidak bisa dideteksi langsung dengan myphoneexplorer. Solusinya, ya saya coba cari driver asli dari SE. Ketemulah SE Suit.
      Tapi kalau ingin PC suitnya, karena tautan di atas sudah mati, bisa saja mas, tinggal bilang nanti saya coba unggahkan ke awan. 🙂

Tinggalkan Balasan

