Inspirasi dalam Berinovasi

Kemarin(27/06/10) saat membuka email internal, mata saya tertuju pada email yang disampikan oleh teman saya.
Saya lupa apa judul dari email itu, tapi yang jelas email tersebut ditujukan untuk anggota divisi inovasi dan massa HMIF.
Didalam email tersebut ikut juga dituliskan sebuah link menuju http://www.ted.com. Saya jadi inget kalau sudah lama saya tidak membuka website tersebut.

Dan alhasil saya mengunjungi website tersebut, selain untuk melepas rasa ingin tahu dan rasa kangen ketika membuka site tersebut.

Dalam video tersebut seorang mahasiswa MIT dari india yang bernama Pranav Mistry sedang memaparkan idenya dan alat yang ia buat.
Mungkin kita tidak asing ketika ada orang mengunakan digital untuk menyimpan objek yang ada pada dunia nyata/objek seperti foto, video, peta, dan informasi lainya.
Karena informasi juga merupakan salah satu kebutuhan manusia, pranav mistry  mencoba untuk menggabungkan dunia digital dengan dunia nyata. Teknologi ini disebut dengan “SixthSense technology”.
Saya tidak akan menceritakan mengenai video tersebut, anda dapat mengecek atau menonton pada video ini.

Jujur saya cukup terkesan dengan presentasinya dan idenya terlebih dia adalah seorang mahasiswa dan dia akan mengembangkan alat tersebut sebagai open source.
Tapi disisi lain sempat terpikirkan dalam pikiran saya kalau mahasiswa di sana kreatif dan kritis terhadap lingkungan dan zaman serta ketersediaanya sarana dan prasarana.
Mungkin itu adalah hal yang mesti saya terapkan dalam diri saya. Seorang mahasiswa harus mampu mengkritisi lingkungan dan perkembangan zaman.
Dengan hal yang kreatif kita dapat memanfaatkan teknologi yang ada menjadi hal yang baru dan mampu menjadi inovasi.
Tentu semua ini perlu diiringi sarana dan prasarana yang memadai. Dengan sarana dan prasarana kita mampu merealisasikan ide kita.

Dan mulai juga kita tanamkan bahwa inovasi itu tidak perlu merupakan hal yang baru atau besar, tapi bisa menggunakan sesuatu yang lama sehingga hal itu menjadi hal yang lebih bermanfaat.
Sarana dan prasarana, saya yakin ini merupakan tantangan yang sangat besar yang hampir dihadapi oleh semua mahasiswa diseluruh indonesia.
Dan tidak salah jika beberapa teman kita menjuara desain chip tingkat internasional atau juara imagine cup internasional ataupun juara lainya.
Mereka itulah yang berhasil menghadapi tantangan tersebut.

selamat berproduktif!

2 thoughts on “Inspirasi dalam Berinovasi

Tinggalkan Balasan

