Mengingat masa kecil

Bernostalgia kembali ke zaman waktu kecil dulu. Semuanya pasti pernah mendengar permainan ini dan mungkin sebagian orang sudah tidak memainkan ini seiring dengan banyaknya mainan modern seperti PS, PSP, Game komputer, XBox, deelel.
Permainan ini bernama gobaksodor. Waktu zaman saya dulu dirumah, jujur saya tidak pernah memainkan permainan ini hanya menonton teman-temanya yang memainkanya.
Biasanya permainan ini dimainkan saat malam hari, ketika bulan purnama ataupun saat terang bulan. Maklum saat tahun 96 TV masih belum banyak kalau tidak salah baru ada TVRI.
Dan bagi kami yang saat itu masih kecil, kurang bahkan tidak terlalu tertarik dengan acara ini.

Saat itulah biasanya kami memainkan permainan ini. ramai-ramain menuju halaman rumah atau yang biasa disebut latar, maklum di rumah saya hampir semua rumah memiliki halaman yang cukup luas, bahkan bisa untuk bermain bola.

tanpa sengaja saya menemukan video ini, saat melihat-lihat di youtube.
Dan emang agak sedikit menyesal dulu tidak ikut main permainan ini karena terlihat asik memainkan permainan ini.
Walaupun dalam vidoe ini yang memainkan permainan bukan anak kecil, melainkan oran dewasa. Itu tidak menjadi masalah karena sepertinya permainan ini menarik untuk dimainkan. Dijelasin peraturanya juga lho.

Sayangnya, saat pulang kembali ke rumah, sudah tidak pernah ada anak-anak yang memainkan permainan yang saya mainkan dulu, tidak hanya gobagsodor.
Saya tidak pernah melihat anak-anak yang main gundu atau kelereng atau dir,ditempat saya, main wayang(kertas bergambar), ular-ularan, dan lainya.

He… Anak-anak sekarang memang berbeda dengan zaman saya kecil, mulai dari permainanya, lagunya, semuanya berbeda.
Tapi semoga permainan yang dulu ada tidak punah.

(sumber : youtube)

2 thoughts on “Mengingat masa kecil

  1. Waduh, jadi teringat masa kecil..
    Di derah asal saya juga udah jarang tuh anak2 main beginian..
    Apa permainan2 itu kita softwarekan saja ya? biar melestarikan budaya, hahaha..

    • Boleh juga, ha.. tapi mesti harus ditambah sesuatu agar semakin menarik….
      Tapi kalau melihat vidoenya jelas, kalau bapak2 itu ingin mengenalkan permainan ini…. bisa dibuat kaya PS ya? hahha(dreaming)

      Walaupun kagak pernah main, tapi pengin juga memainkanya(impossible) kan udah gedhe….

Tinggalkan Balasan

