Korupsi aja ada peringkatnya

Saat mencari informasi tentang indonesia, eh ada yang menarik disimak dan dibaca. ini mengenai ranking indonesia dalam kategori korupsi. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui hal ini, ranking ini dikelurkan oleh World Audit Corruption dari 180 negara di dunia. Sebagian cuplikan dari ranking tersebut adalah sebagai berikut

Klik di sini untuk data lengkapnya 

Bisa dilihat Indonesia menempati urutan ke 89 dengan ranking demokrasi yang berjalan di Indonesia yaitu 66 (ranking ini dikeluarkan tahun 2009). Indonesia masih cukup baik dibandingkan dengan negara tentangga Vietnam(semakin banyak ranking menandakan tingkat korupsi masih tinggi).

Untuk penilaian mengapa Indonesia ditempatkan diranking tersebut adalah sebagai berikut

Penilaian dibagi menjadi 5 topik yaitu corruption, Press Freedom, Civil Liberties, Political Rights, World Democracy Audit.

Data disamping menunjukkan ranking indonesia. Untuk rangking pertama dipegang oleh New Zealand. Boleh dibilang new zealan mungkin lebih bersih dibandingkan indonesia.

Cara penilaianya adalah, untuk negara dengan penduduk kurang dari 1 juta, negara tersebut tidak akan diikut sertakan ponilaian. Setiap negara diberi default rentang ranking antara 1 s.d. 7 Atau degan perumusan sederhana untuk political right (P), dan untuk Civil Liberties diberi kode (C). Selanjutnya negara-negara tersebut dimasukkan ke dalam beberapa divisi(D) di tabel yang menyatakan ranking demokrasi.
Jika P dan C bernilai 1 maka  D =1
Jika P=1 dan C=2 maka D=2
Jika P+C antara 3 dan 7 maka D=3
Jika P+C lebih dari tujuh maka D=4
Nah sekarang dalam divisinya masing-masing akan dihitung berdasarkan rata-rata Press Freedom dan Corruption  scores. Corruption perception index(CPI) yang digunakan berdasarkan nilai yang dikeluarkan oleh transparency.org. Untuk indonesia menempati urutan ke 111 dengan score 2,8.
World Audit Corruption Score= 100-10T. T adalah  CPI.

Contoh suatu negara dengan CPI 9,2 maka World audit corruptionnya adalah 100-92=8.
Misal untuk press freedomnya adalah 9 maka nilai dari world democracy audit nya adalah rata-rata dari (9+8) yaitu sekitar 9. Dalam divisi tersebut rata-rata tersebut menempati urutan ke berapa itu lah yang mejadi ranking atau peringkatnya.(mohon maaf jika salah).
Info lebih lengkap bisa dibaca di sini sedangkan CPI bisa diperiksa di sini 

Semoga bermanfaat…. 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s