Bersahabat seperti persahaban Rasulullah dan Abu Bakar as Sidiq



Persahabatan itu indah, beberapa orang mengatakan hal tersebut. Banyak orang mendefinisikan tentang sahabat salah satunya adalah sahabat itu adalah orang yang dapat menjadi teman saat sedih dan juga saat sulit. Hal itu memang benar dan itu mungkin esensi yang harus ada dalam sebuah persahabatan. Ketika kita membaca sirah nabawiah kita dapat mengambil contoh dari orang-orang terdahulu termasuk Rasulullah. Rasulullah tentu saat itu bersahabat dengan semua sahabat-sahabatnya termasuk Khulafaur Rasyidin yaitu Abu Bakar, Umar, Ustman, dan Ali. Sahabat Rasulullah maksudnya adalah orang yang hidup di zaman Rasulullah dan bertemu dengan Beliau serta orang tersebut beriman dan meninggal dalam islam.
    Abu Bakar merupakan sahabat dekat Nabi Muhammad SAW. Abu Bakar merupakan teman kecil nabi dengan beda usia hanya 2 tahun. Abu Bakar merupakan orang islam pertama yang berasal bukan dari orang yang serumah dengan Nabi. Persahabatan beliau sudah terbina semenjak kecil hingga dewasa. Saat Nabi mengaku telah diangkat menjadi Rasulullah, orang pertama yang percaya adalah Abu Bakar. Abu Bakar telah mengerti sifat Rasulullah dan sebaliknya Nabi Muhammad pun paham akan sifat Abu Bakar. Semenjak kecil hingga dewasa nabi Muhammad dan Abu Bakar terhindar dari kebiasaan orang-orang jahiliyah saat itu.
    Nabi Muhammad begitu percaya dengan Abu bakar dan sebaliknya Abu Bakar sangat percaya semua yang dikatakan oleh Nabi Muhammad. Sampai Abu bakar mendapatkan gelas As Sidiq yang diletakkan diakhir namanya. Abu Bakar adalah orang pertama yang percaya akan isra’ mi’raj Rasulullah yang saat itu banyak sahabat meragukan hal tersebut. Hal ini terjadi karena jarak mekah dan masjidil Aqsa dibutuhkan waktu dua bulan untuk melakukan perjalan menggunakan unta sedangkan Nabi Muhammad dilakukan dalam semalam dan diteruskan ke Arsh. Saat sahabat lain meragukan hal tersebut kemudian, sahabat lain menanyakan hal tersebut ke Abu Bakar, dan saat ditanyakan hal tersebut Abu Bakar menjawab, jika itu yang dikatakan Rasulullah, lebih dari itupun saya percaya kepada Beliau. Bukan hanya itu suatu saat Nabi mengatakan bahwa, Seandainya Rasulullah mengangkat seorang kekasih maka ia akan mengangkat Abu Bakar.
    Nilai-nilai persahabatan dapat kita ambil hikmah saat Nabi Muhammad hendak berhijrah. Abu bakar berhijrah termasuk dalam rombongan yang terakhir. Setiap sahabat yang hendak berhijrah berpamitan kepada Rasulullah. Saat menghadap Rasulullah untuk berpamitan, Nabi mengatakan, Jangan tergesa-gesa, barangkali Allah mencarikan teman untukmu berhijrah. Berdasarkan kata-kata dari Rasulullah inilah Abu Bakar percaya bahwa ia telah dipilih oleh Rasul untuk menjadi teman berhijrah ke Madinah(Yastrib). Saat waktu berhijrah tiba, Rasulullah dan Abu Bakar berjalan berdua menuju gua Tsur. Gua ini terletak di sebelah selatan Mekkah sedangkan Madinah terletak di sebelah utara mekkah. Nabi memilih arah berlawan karena untuk mengecoh orang-orang jahiliah saat itu.
Nabi dan Abu Bakar menginap di gua selama tiga hari dua malam. Saat di dalam gua, suatu waktu nabi tertidur dipangkuan Abu Bakar. Saat itu, Abu Bakar mengetahui kalau ada ular yang hendak keluar dari lubang, kemudian oleh Abu Bakar lubang itu ditutup dengan jari kakinya. Abu Bakar saat berfikiran kalau jika ular tersebut keluar dan menggigit Rasulullah, sehingga oleh beliau ditutup lubang tersebut dengan jari kakinya. Saat itu ular menggigit jari kaki Abu bakar, dan sakit luar biasa dirasakan oleh Beliau sampai beliau menangis t
etapi tidak megneluarkan suara. Hal ini dilakukan beliau agar tidak mengganggu tidur Rasulullah.
    Dari cerita singkat di atas, dapat ditarik hikmah bahwa seorang sahabat tidak hanya menjadi teman saat sulit dan mudah tetapi menjadi orang yang selalu percaya dan mendukung serta melindungi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s